Detail Artikel

Ingin Punya Rumah Super Mewah Senilai Rp. 200 Milyar? Begini Caranya

Belakangan ini kita disuguhi berita yang sangat menarik perhatian oleh banyak kalangan, bukan hanya perihal sosok sang ketua DPR yang seharusnya menjadi panutan menjadi sosok bully-an, maupun kisah drama penangkapan “Papa” di sebuah rumah sakit ternama di Jakarta setelah dirawat di RS tersebut akibat kecelakaan di suatu tempat yang berakibat benjol sebesar bakpau di kepalanya.

Lebih dari itu, berita yang tak kalah menarik adalah salah satu rumah milik bos partai beringin itu yang terletak di Jalan Wijaya XIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan – DKI Jakarta. Design minimalis namun tidak ekonomis begitu jelas ketika berada di pagar rumah mewah tersebut, langkah kaki akan terhenti sejenak untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas keamanan yang gagah dan selalu sigap di pos keamanan, saat memasuki pintu gerbang akan terlihat beberapa pohon besar yang memberikan kesan rindang, begitu juga saat masuk melalui pintu utama terdapat pintu yang bernuansa megah dan besar dan harus melalui beberapa undakan anak tangga terlebih dahulu.

Kemegahan akan semakin kontras saat berada dalam rumah tersebut, terdapat ruang tamu dan ruang rapat berisikan sofa-sofa berkelas tersusun rapih yang siap menjamu para tetamu yang datang. Para tetamu akan disuguhi dengan pemandangan taman dan kolam renang di sekitar ruangan.

Anda tak perlu menguras tenaga menyusuri anak tangga jika ingin ke lantai atas, karena lift yang tersedia akan mengantarkan anda menuju lantai 2 yang difungsikan untuk tempat hiburan dan bermain. Kenyamanan akan sangat terasa bukan hanya kamar-kamar yang super lux, namun juga kamar mandi yang sengaja di design mewah.

Tahukah Anda Nilai Rumah Semewah Di Atas?

Menurut Country General Manager Rumah123, Ignatius Untung: Perkiraan Rumah berdesign modern yang memiliki 4 lantai di atas luas tanah 1.600 meter persegi diperkirakan mencapai Rp. 204,8 Milyar dengan asumsi harga tanah per meter Rp. 80 juta, harga bangunan Rp. 20 juta per meter dan Koefisien Dasar Bangunan 60% dari luas tanah dikalikan 4 lantai.

Bagaimana Cara Memiliki Rumah Semewah Itu?

Berbicara tentang cara memilikinya lebih terfocus kepada berapa penghasilan yang mesti dimiliki oleh calon pembeli jika pembiayaannya bersumber dari dana bank. Tentunya secara umum regulasi disesuaikan  ketentuan BI atau OJK yang berlaku, kemudian ada ketentuan tambahan dari masing-masing perbankan perihal: Jangka Waktu, Pricing (Bunga / Margin Bagi Hasil), Biaya Provisi, Biaya Administrasi, Biaya Asuransi (Kebakaran & Jiwa), ketentuan jika terdapat pembayaran dipercepat parsial maupun full, ketentuan take over dsb.

Secara umum, selain kelengkapan dokumen ada 2 kriteria super penting yang mesti dipenuhi oleh calon debitur:

  1. Character. Memiliki history credit yang baik di perbankan yang dapat diketahui melalui Sistem Informasi Debitur yang sering disebut dengan BI Checking. Ketentuan ini untuk mengukur secara objektif willing to pay calon nasabah. Semakin buruk history credit calon debitur semakin besar pula kemungkinan pengajuan pembiayaan ditolak.
  2. Capacity. Jika anda diminta rekening koran beberapa bulan terakhir, slip gaji atau surat keterangan penghasilan (bagi profesional ataupun karyawan yang memiliki sumber penghasilan fixed income). Itu artinya anda akan/sedang dianalisa capacity to pay pembiayaan yang diajukan.

Yuk, Mari kita hitung bersama!

Harga Rumah / Properti                                : Rp. 200.000.000.000,00- (dua ratus milyar rupiah)

Max. Plafond 80%                            : Rp. 160.000.000.000,00- (seratus enam puluh milyar rupiah)

DP Yang Harus Dibayarkan           : Rp. 40.000.000.000,00- (empat puluh miyar rupiah)

Max. Jangka Waktu                         : 10 Tahun (tergantung ketentuan bank dan usia calon nasabah saat pengajuan)

Margin Perbankan                           : 5% p.a (Asumsi Margin termurah di perbankan saat ini)

Angsuran Per Bulan                        : Rp. 1.697.048.000,00- atau dibulatkan Rp. 1.700.000.000,00-

Penghasilan Per Bulan                   : Rp. 5.6666.666.666,00- atau dibulatkan Rp. 5.700.000.000,00-

 

Jadi, agar pengajuan pembiayaan pembelian rumah super mewah di atas disetujui oleh perbankan, maka calon debitur harus memiliki Capacity to Pay / penghasilan rutin sebesar Rp. 5,7 milyar per bulan. Woww... Luar Biasa Bukan????

 

Konsultasikan ke Kami:

Bayu Bridani, Lc, M.E.Sy, CT

Islamic Finance & Banking Specialist / Trainer

Co-Founder SuperKey Consulting  

 

Subscribe Here